I. ANALISIS LINGKUNGAN STRATEGIS
Perkembangan IPTEK dan Teknologi informasi mengharuskan dunia pendidikan menyusun strategi agar dapat menyelaraskan kemajuan IPTEK dan Teknologi informasi. SD-SN Ngepung terletak di geografis strategis walaupun daerah pegunungan yang sangat memungkinkan terhadap kemajuan pendidikan di Wilayah Kecamatan Sukapura.
Disamping itu, kondisi sosial di daerah Ngepung sangat memungkinkan dan berpengaruh terhadap perkembangan serta kemajuan dunia pendidikan khususnya di SD-SN Ngepung. Oleh karena itu daya dukung orang tua untuk menyekolahkan anak kurang berpotensi karena sebagaian besar warga disekitar SD-SN Ngepung berprofesi sebagai petani kurang perduli pada pendidikan anak-anaknya meskipun penghasilannya sangat mencukupi untuk pembiayaan sekolah putra-putrinya.
Faktor budaya juga sangat mempengaruhi rona dan corak pendidikan di suatu daerah sehingga SD-SN Ngepung sangat berpotensi mengembangkan budaya daerah dalam kurikulum muatan lokal sebagai aset pendidikan yang terintegrasi dalam mata pelajaran mulok.
Demografi penduduk di disekitar SD-SN Ngepung berprofesi sebagai petani, yang sebagian besar peserta didik melanjutkan pendidikan pada sekolah di wilayah kecamatan Sukapura.
Seiring perkembangan IPTEK dan Teknologi informasi, berdirinya SD-SN Ngepung sangat mendukung pencapaian tujuan pendidikan serta harapan kedepan pendidikan di desa Ngepung dan sekitarnya dapat tercapai dengan lancar dan baik.
II. ANALISIS KONDISI PENDIDIKAN SAAT INI
Mutu pendidikan di Kabupaten Probolinggo masih jauh dari yang di harapkan sehingga perlu dilakukan upaya-upaya yang serius agar mutu pendidikan yang berdasar Standar Nasional Pendidikan dapat tercapai dengan baik dan memuaskan.
Sedangkan sejauh ini mutu pendidikan pada SD-SN Ngepung masih juga belum mencerminkan standar yang diharapkan. Kenyataannya pada UASBN 2009 masih ada siswa yang mendapat nilai rendah meskipun sebenarnya ada juga yang tinggi sehingga prosentase kelulusan bisa mencapai 100 % diharapkan ada upaya-upaya nyata untuk menghadapai tantangan kedepan serta untuk mengurangi kesenjangan nilai UASBN
Kondisi pendidikan dan daya saing pada SD-SN Ngepung cukup berat mengingat sebagian masyarakat sekitar sekolah yang kurang peduli terhadap pendidikan anak-anaknya, sehingga sekolah harus memperbaiki mutu dan kualitas pendidikan khususnya pada siswa yang kurang mampu serta menyadarkan secara penuh terhadap warga masyarakat yang kurang perduli terhadap pendidikan.
Namun ditinjau dari segi kondisi sosial ekonomi cukup mendukung keberlang sungan pendidikan dimana profesi warga disekitar sekolah cukup berpotensi yaitu sebagai petani . Budaya daerahpun juga turut mendukung terhadap pendidikan yang ada di Ngepung mengingat warga disekitar SD-SN Ngepung sangat agamis yang mana 100% penduduknya beragama Islam.
Kondisi geografis SD-SN Ngepung yang terletak di daerah pegunungan memungkinkan sekolah untuk tumbuh dan berkembang secara signifikan dalam rangka mencapai tujuan pendidikan serta turut berperan aktif untuk menyukseskan program penuntasan Wajar Dikdas 9 tahun.
Pemanfaatan IPTEK dan Teknologi informasi masih harus dioptimalkan sehingga perlu upaya maksimal kedepan untuk mencapai tujuan pendidikan nasional.
III. ANALISIS KONDISI PENDIDIKAN MASA DATANG
Dengan diterapkannya UU No 20 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan UU No 14 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
Mutu pendidikan di Kabupaten Probolinggo masih jauh dari yang di harapkan sehingga perlu dilakukan upaya-upaya yang serius agar mutu pendidikan yang berdasar Standar Nasional Pendidikan dapat tercapai dengan baik dan memuaskan.
Upaya yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Probolinggo yaitu :
· Mengoptimalakan kegiatan KKG, Diklat, Workshop, Penataran Pelatihan dan sejenisnya.
· Meminta setiap lembaga untuk membuat Kiat Sukses UASBN
· Melaksanakan Try out Uji coba dan menganalisa soal-soalnya.
Sedangkan sejauh ini mutu pendidikan pada SD-SN Ngepung masih juga belum mencerminkan standar yang diharapkan. Kenyataannya pada UASBN 2009 masih ada siswa yang mendapat nilai rendah meskipun sebenarnya ada juga yang tinggi sehingga prosentase kelulusan bisa mencapai 100 % diharapkan ada upaya-upaya nyata untuk menghadapai tantangan kedepan serta untuk mengurangi kesenjangan nilai UASBN
Upaya yang dilakukan oleh SD-SN Ngepung Kercamatan Sukapura Kabupaten Probolinggo yaitu :
· Mengirimkan guru kelas untuk mengikuti kegiatan KKG, Diklat,
Workshop, Penataran Pelatihan dan sejenisnya.
· Membuat Kiat Sukses UASBN untuk setiap Mapel.
· Melaksanakan try out dari Dinas dan dari sekolah sendiri sebanyak masing-masing 3 kali.
· Membuat kisi-kisi sebagai acuan standar minimal pembelajaran di Sekolah
Kondisi pendidikan dan daya saing pada SD-SN Ngepung cukup berat mengingat sebagian masyarakat sekitar sekolah yang kurang peduli terhadap pendidikan anak-anaknya, sehingga sekolah harus memperbaiki mutu dan kualitas pendidikan khususnya pada siswa yang kurang mampu serta menyadarkan secara penuh terhadap warga masyarakat yang kurang perduli terhadap pendidikan.
Upaya yang dilakukan oleh SD-SN Ngepung Kercamatan Sukapura Kabupaten Probolinggo yaitu :
· Kepala sekolah dan guru serta warga sekolah harus pro aktif untuk membangun koordinasi dengan menjalin hubungan dengan kepala TK/SD/MI terdekat di sekitar sekolah.
· Kepala sekolah dan guru serta warga sekolah proaktif untuk membangun koordinasi dengan menjalin hubungan dengan tomas, toga, dan birokrasi disekitar desa dan kecamatan.
Namun ditinjau dari segi kondisi sosial ekonomi cukup mendukung keberlangsungan pendidikan dimana profesi warga disekitar sekolah cukup berpotensi yaitu sebagai petani. Budaya daerahpun juga turut mendukung terhadap pendidikan yang ada di Ngepung mengingat warga disekitar SD-SN Ngepung sangat agamis yang mana 100% penduduknya beragama Islam.
Upaya yang dilakukan oleh SD-SN Ngepung Kercamatan Sukapura Kabupaten Probolinggo yaitu :
· Memberikan pemahaman kepada warga dan wali murid akan pentingnya pendidikan
· Memasukkan kegiatan keagamaan dalam kegiatan yang terintegrasi dengan mapel tetentu dan kegiatan ekstrakurikuler
· Mengadakan paguyuban Sekolah dengan menampung dana sumbangan sukarela
Kondisi geografis SD-SN Ngepung yang terletak di daerah pegunungan memungkinkan sekolah untuk tumbuh dan berkembang secara signifikan dalam rangka mencapai tujuan pendidikan serta turut berperan aktif untuk menyukseskan program penuntasan Wajar Dikdas 9 tahun.
Upaya yang dilakukan oleh SD-SN Ngepung Kercamatan Sukapura Kabupaten Probolinggo yaitu :
· Mendata warga usia sekolah agar memasukkan putranya ke sekolah SD-SN Ngepung
· Menjalin kerja sama dengan TK terdekat untuk memasukkan lulusan TK ke SD-Sn Ngepung
· Mendekati tokoh masyarakat dan tokoh agama untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya pendidikan.
Pemanfaatan IPTEK dan Teknologi informasi masih harus dioptimalkan sehingga perlu upaya maksimal kedepan untuk mencapai tujuan pendidikan nasional.
Upaya yang dilakukan oleh SD-SN Ngepung Kercamatan Sukapura Kabupaten Probolinggo yaitu :
· Mengupayakan fasilitas computer untuk penguasaan teknologi
· Mengupayakan pembelajaran dengan LCD/TV/VCD
Tidak ada komentar:
Posting Komentar